Seperti yang sudah kita ketahui bahwa dalam sebuah mesin diesel banyak terdapat beberapa komponen yang terpasang atau dipergunakan dimana setiap komponen memiliki fungsi dan juga cara kerja sendiri-
sendiri dan itu tidak hanya pada mesin diesel saja akan tetapi semua mesin juga demikian termasuk mesin dengan bahan bakar bensin atau sejenisnya walaupun ada beberapa komponen yang berbeda akan tetapi maksud dan tujuannya sama yakni menghasilkan pembakaran untuk mendapatkan tenaga.
Untuk lebih mudahnya komponen dari sebuah mesin dapat dibedakan menjadi dua bagian yakni bagian dalam dan bagian luar adapun untuk bagian dalam adalah beberapa komponen yang berada didalam blog mesin sedangkan bagian luar adalah beberapa komponen yang berada pada bagian luar mesin.
Berikut ini adalah bebera contoh komponen bagian dalam beserta fungsinya
1. Silinder liner
Silinder liner terpasang pada blog mesin yang berfungsi sebagai tempat atau rumah naik turunnya piston .
Ada dua jenis silinder liner yakni tipe basah dimana dinding luar silinder tersebut bersinggungan dengan air pendingin dan terdapat seal agar air tidak masuk ke ruang oli.
Sedang tipe kering adalah silinder dimana dinding luar silinder menempel pada blog.
2. Piston atau torak
Piston atau torak berfungsi merubah tekanan hasil pembakaran menjadi gerak lurus dan terbuat dari bahan paduan aluminium.
3. Stang piston
Berfungsi sebagai penghubung antara piston dengan crank shaft atau poros engkol.
4. Crank shaft / poros engkol
Berfungsi merubah gerak gerak lurus menjadi gerak putar.
5. Cam shaft
Berfungsi mengatur timing atau waktu saat katub membuka dan menutup sesuai dengan timing atau FO.
Demikian beberapa contoh dan fungsi dari beberapa komponen yang terdapat dalam mesin baik itu diesel maupun mesin berbahan bakar bensin terimakasih.
sendiri dan itu tidak hanya pada mesin diesel saja akan tetapi semua mesin juga demikian termasuk mesin dengan bahan bakar bensin atau sejenisnya walaupun ada beberapa komponen yang berbeda akan tetapi maksud dan tujuannya sama yakni menghasilkan pembakaran untuk mendapatkan tenaga.
Untuk lebih mudahnya komponen dari sebuah mesin dapat dibedakan menjadi dua bagian yakni bagian dalam dan bagian luar adapun untuk bagian dalam adalah beberapa komponen yang berada didalam blog mesin sedangkan bagian luar adalah beberapa komponen yang berada pada bagian luar mesin.
Berikut ini adalah bebera contoh komponen bagian dalam beserta fungsinya
1. Silinder liner
Silinder liner terpasang pada blog mesin yang berfungsi sebagai tempat atau rumah naik turunnya piston .
Ada dua jenis silinder liner yakni tipe basah dimana dinding luar silinder tersebut bersinggungan dengan air pendingin dan terdapat seal agar air tidak masuk ke ruang oli.
Sedang tipe kering adalah silinder dimana dinding luar silinder menempel pada blog.
2. Piston atau torak
Piston atau torak berfungsi merubah tekanan hasil pembakaran menjadi gerak lurus dan terbuat dari bahan paduan aluminium.
3. Stang piston
Berfungsi sebagai penghubung antara piston dengan crank shaft atau poros engkol.
4. Crank shaft / poros engkol
Berfungsi merubah gerak gerak lurus menjadi gerak putar.
5. Cam shaft
Berfungsi mengatur timing atau waktu saat katub membuka dan menutup sesuai dengan timing atau FO.
Demikian beberapa contoh dan fungsi dari beberapa komponen yang terdapat dalam mesin baik itu diesel maupun mesin berbahan bakar bensin terimakasih.