Sistem pendingin didalam mesin

       Didalam sebuah mesin terdapat sistem pendingin dimana pada sistem tersebut mempunyai peranan yang sangat penting dan tidak boleh diabaikan.

       Pada umumnya ada dua jenis sistem pendingin yang terdapat pada mesin atau kendaraan baik itu mesin diesel maupun mesin berbahan bakar bensin yakni dengan menggunakan media air dan ada yang menggunakan media udara seperti yang sering dipergunakan pada mesin bensin kecil.

Sistem pendingin radiator untu mesin
Radiator 
       Fungsi dari adanya sistem pendingin pada mesin tersebut al :

- Untuk mengurangi panas yang tinggi yang
  dihasilkan dalam pembakaran.
- Mencegah terjadinya over heatin atau          panas yang terlalu tinggi.
- Menjaga suhu kerja pada saat mesin atau    kendaraan dioperasikan.

       Radiator disamping sebagai tempat untuk menampung air juga sebagai tempat untuk proses pendinginan air dengan cara membuang panas air tersebut melalu sirip radiator.
Adapun untuk radiator itu sendiri terdapat beberapa bagian-bagian yang mempunyai fungsi masing-masing diantaranya adalah :

1. Tutup radiator

    Berfungsi untuk menahan air agar pada        suhu 100 derajat air tidak mendidih              dengan menahan expansi air saat panas        sehingga tekanan air lebih tinggi dari            tekanan udara luar.
    Adanya katub pada tutup radiator                  tersebut agar untuk mejaga volume air          saat kondisi panas dan dingin.

2. Tangki resevoir

    Tangki ini sebagai tangki cadangan dan        sebagai tempat bilamana air radiator            keluar akibat expansi dari panas yang          berlebihan dan saat temperatur turun          maka air dalan tangki resevoir akan              kembali keradiator melalui selang                  overflow.

3. Pompa air/water pump

    Pompa ini berfungsi sebagai sarana                mensirkulasikan air pendingin dengan          cara membuat perbedaan tekanan hisap      dan tekanan buang yang terdapat pada        pompa.

3. Thermostat

    Berfungsi agar suhu mesin tetap terjaga        pada suhu kerja dengan cara menutup          katub saat suhu mesin masih dingin dan      hanya air didalam mesin saja yang                bersirkulasi dan saat suhu mesin telah          mencapai pada suhu kerja maka katup          akan terbuka dan air akan bersirkulasi          kedalam radiator sedangkan air dalam          radiator yang sudah didinginkan akan          masuk disuplai kedalam mesin begitu            seterusnya.