Alternator sumber listrik dan pengisian pada mobil

       Alternator atau yang lebih dikenal orang dengan sebutan dinamo ampere merupakan sumber listrik pada mobil atau kendaraan pada saat mesin dihidupkan dan juga berfungsi sebagai sistem pengisian pada accu atau baterai agar tenaga dari baterai tidak berkurang.

Alternator penghasil arus listrik untuk sistem pengisian baterai
Alternator


       Alternator bekerja saat mesin dalam kondisi dihidupkan melalui van belt yang dihubungkan dengan pully crankshaft . Dan didalam alternator terdapat beberapa komponen yang memiliki funsi masing-masing antara lain.

1. Rotor
     
     Rotor  berfungsi sebagai penghasil                 medan magnet pada saat arus listrik             dari baterai dialirkan melalui rotor coil.

2. Stator


Stator sumber energi listrik


     Stator berfungsi sebagai penghasil arus         listrik AC (bolak balik) pada saat rotor           berputar di dalamnya.

3. Rectifier / dioda

     Rectifier atau dioda berfungsi untuk               merubah arus AC / bolak balik menjadi         arus DC / searah dan juga untuk                       penahan arus dari baterai ke alternator.

4. Regulator IC
Regulator sebagai komponen yang mengatur arus listrik agar stabil


     Regulator IC berfungsi untuk                           menstabilkan arus yang masuk ke                   dalam kumparan rotor.
   


       

New comments are not allowed.