Kopling merupakan salah satu dari sekian banyaknya komponen yang terdapat pada sebuah kendaraan atau mobil dimana kopling memiliki peranan yang sangat vital.
Letak dari pada komponen tersebut berada diantara mesin dan transmisi.
Fungsi utama dari pada sebuah kopling itu sendiri antara lain :
- Sebagai pemindah tenaga dari sebuah mesin menuju transmisi.
- Mengatur besarnya momen pada saat mulai berjalan.
- Memperhalus saat perpindahan kecepatan
Didalam sebuah mobil terdapat beberapa jenis kopling yang dikelompokkan yakni jenis kopling gesek dan kopling fluida.
Kopling gesek bekerja dalam kondisi kering dan terpasang menempel pada flywheel dimana dibutuhkan sebuah plat penekan atau pressure plat dimana terdapat pegas agar kopling selalu menempel pada roda gila atau flywheel.
Prinsip kerja dari kopling clutch disk adalah pada saat pedal ditekan maka tekanan akan diteruskan oleh release fork menuju release bearing dan diteruskan ke release lever dan mengungkit pegas plat penekan hal ini mengakibatkan kopling clutch disk dalam keadaan bebas sehingga terjadi pemutusan dari putaran mesin ke transmisi.
Prinsip kerja dari kopling clutch disk adalah pada saat pedal ditekan maka tekanan akan diteruskan oleh release fork menuju release bearing dan diteruskan ke release lever dan mengungkit pegas plat penekan hal ini mengakibatkan kopling clutch disk dalam keadaan bebas sehingga terjadi pemutusan dari putaran mesin ke transmisi.
Kopling fluida bekerja memindahkan tenaga putaran mesin menggunakan media cairan atau torque converter.
Didalam torque conventer sendiri terdapat beberapa komponen seperti turbin , impeler dan stator.
Turbin runner
Berfungsi sebagai penerima fluida dari pump impeller yang sudah diarahkan oleh stator.
Stator
Terpasang ditengah - tengah antara turbin dan impeller pump yang berfungsi untuk mengarahkan fluida dari pump impeller ke turbin runner.
Pump impeller
Berfungsi memompa fluida pada saat mesin berputar dan out put fluida tersebut akan terlempar kestator untuk diarahkan menuju turbin.
Penggunaan kopling model torque conenter biasanya di pakai untuk kendaraan alat - alat berat selain tenaga yang lebih kuat juga prakis dalam pengoperasian nya namun seiring dengan kemajuan jaman penggunaan torque conventer juga sudah terdapat pada mobil - kecil.
Turbin runner
Berfungsi sebagai penerima fluida dari pump impeller yang sudah diarahkan oleh stator.
Stator
Terpasang ditengah - tengah antara turbin dan impeller pump yang berfungsi untuk mengarahkan fluida dari pump impeller ke turbin runner.
Pump impeller
Berfungsi memompa fluida pada saat mesin berputar dan out put fluida tersebut akan terlempar kestator untuk diarahkan menuju turbin.
Penggunaan kopling model torque conenter biasanya di pakai untuk kendaraan alat - alat berat selain tenaga yang lebih kuat juga prakis dalam pengoperasian nya namun seiring dengan kemajuan jaman penggunaan torque conventer juga sudah terdapat pada mobil - kecil.