Cara menyetel katub

       Didalam sebuah mesin atau kendaraan katub mempunyai peranan yang sangat vital hal ini dikarenakan katub juga ikut berperan dalam meningkatkan kinerja mesin agar performa mesin dapat tercapai maksimal.

Penyetelan katub untuk mendapatkan performa mesin maksimal


       Untuk itu penyetelan katup atau klep harus benar-benar tepat sesuai dengan standart yang sudah ditentukan oleh pabrikan agar mesin dapat bekerja secara maksimal.Penyetelan yang asal-asalan dan kurang tepat akan berakibat menurunnya performa mesin atau kendaraan kurang bertenaga bahan bakarpun akan memjadi boros.

       Dan berikut ini  cara dalam melakukan penyetelan namun sebelumnya kalian harus tahu tipe dari mesin itu sendiri terutama untuk FO atau firing order dan ukuran dari celah katub.Untuk mengukur kerenggangan pergunakan alat fuler.

Langkah penyetelan.

Mesin diesel FO : 1-4-2-6-3-5

- Putar flywheel atau roda gila arah                  putaran searah jarum jam dilihat dari            kipas radiator.
- Tepatkan tanda timing yang ada di front      pully atau di flywheel.
- Jika rokcer arm pada silinder no 1 bisa          digerakan kekanan dan kekiri itu berarti      posisi untuk top 1 dan bisa dimulai                penyetelan lihat tabel berikut.

Tabel penyetelan katub untuk mesin 6 silinder
           
- Untuk tanda ( o ) katub yang bisa distel.
- Untuk tanda ( x ) katub yang tidak distel.

       Untuk penyetelan Top 6 putar kembali poros engkol satu putaran penuh atau 360 derajat dan tepatkan kembali tanda timing.