Komponen mesin diesel

       Untuk tulisan kali ini masih berkaitan dengan tulisan saya tentang pengenalan beberapa komponen mesin serta fungsinya.
Dan pada kesempatan ini saya akan sedikit mengulas tentang contoh dari beberapa komponen yang berada diluar mesin dan juga fungsinya.

Beberapa komponen dari mesin mobil
Mesin mobil

         Sebuah mesin tidak akan dapat bekerja atau beroperasi secara maksimal tanpa didukung adanya spare part bahkan tidak akan menyala sama sekali untuk itu dibutuhkan beberapa komponen untuk mendukung kinerja mesin tersebut baik mesin diesel maupun mesin bensin berikut ini adalah contoh dari komponen yang berada dibagian luar.

1. Radiator

       Fungsi dari radiator adalah sebagai tempat menampung air pendingin untuk di dinginkan dengan cara membuang panas air tersebut melalui sirip radiator dan air yang sudah didinginkan selanjutnya akan dialirkan kedalam mesin.

2. Kipas radiator

       Fungsi dari kipas adalah mengalirkan udara dengan cara menghisap udara dari luar menuju bagian mesin sehingga udara tersebut melewati kisi-kisi atau celah radiator dan terjadilah proses pendinginan.

3. Pompa air

       Fungsi pompa air disini adalah untuk mensirkulasikan air dari dalam radiator menuju kedalam blog mesin melalui hose atau selang.

4. Pompa injeksi

       Fungsi dari pompa injeksi adalah untuk mengirimkan bahan bakar bettekanan ke dalam nozzel atau injektor melalui pipa injection dan mengatur timing penyemprotan.

5. Alternator / amper

       Alternator berfungsi memasok atau mengisi ulang baterai agar tidak tekor dan juga mengalirkan arus menuju beberapa komponen yang membutuhkan dan arus yang dihasilkan adalah DC atau searah.

6. Motor starter

       Fungsi dari motor starter yakni sebagai penggerak awal pada mesin melalui roda gila atau flywheel setelah mendapatkan arus.

7. Baterai / accu

       Fungsi dari baterai yakni sebagai sumber arus dan juga menyimpan arus untuk disuplai kebeberapa komponen kelistrikan yang membutuhkan.

Itulah beberapa contoh dan fungsi dari beberapa komponen dari mesin diesel.



New comments are not allowed.