Mengenali kerusakan mesin berdasarkan dari warna asap knalpot


Asap tebal yang keluar dari lubang knalpot mobil
Asap mobil
   
     Pernahkah mobil kalian mengalami suatu masalah yang mana secara tiba - tiba keluar asap tebal jika benar itu berarti mobil atau kendaraan kalian ada yang tidak beres , asap tebal yang keluar dari knalpot bisa berwarna hitam pekat , putih , putih kebiru - biruan , berbau menyengat dan terasa pedih dimata dan itu jelas sangat mengganggu orang lain.

            Dari warna - warna itulah kita dapat mengetahui adanya kerusakan komponen pada mesin mobil , kerusakan tersebut bisa disebabkan karena adanya berbagai faktor seperti pemakaian dan usia dari komponen yang sudah lama dan perlu diganti .
Kerusakan tersebut dapat diketahui dan di bedakan berdasarkan dari warna asap yang keluar dari knalpot seperti :

Asap putih tebal

              Apabila asap yang keluar berwarna putih tebal itu menandakan adanya oli swmesin yang ikut terbakar ini karena adanya kebocoran pada seal katub dan bisa juga di sebabkan ring piston sudah aus sehingga gap / celah ring piston menjadi lebar yang dapat menyebabkan oli masuk keruang pembakaran . Dan untuk menanganinya harus dilakukan over houl atau turun mesin.


Asap hitam pekat

            Adanya asap hitam pekat pada mesin itu menandakan adanya pembakaran yang tidak sempurna hal ini disebabkan antara lain kurangnya udara dalam proses pembakaran karena filter udara terdapat banyak kotoran / debu dan juga after cooler yang mengalami kebuntuan sehingga udara yang masuk keruang bakar cenderung berkurang disamping itu adanya kerusakan pada sistem fuel seperti injektor / nozzel dan pompa injeksi .

Asap terasa pedih dimata

             Bila asap yang keluar dari knalpot di mata terasa pedih dan berbau menyengat hal tersebut bisa dikarenakan timing pembakaran yang kurang tepat sehingga bahan bakar tidak terbakar dengan sempurna atau masih mentah .

Itulah cara menganalisa kerusakan pada mesin berdasarkan dari ciri - ciri warna asap yang keluar dari knalpot.



New comments are not allowed.